Mensetting Sound System Lapangan Besar untuk Keperluan Sholat Ied

Mensetting Sound System khusus Lapangan untuk Keperluan Sholat Ied - Untuk melengkapi keperluan sholat ied (Idul Fitri dan Idul Adha) dalam lapangan terbuka, maka tak luput kita harus membutuhkan peranan sound system area lapangan (baik Active ataupun Passive Speaker) agar suara Imam Sholat dan Khotib bisa terdengar di seluruh area lapangan dengan kapasitas power yang cukup memadai.

Rutinitas ini biasa saya lakukan setiap tahun dalam rangka menyambut Idul Fitri dan Idul Adha yang mana kami harus menyiapkan perangkat sound system ini dengan proses instalasi yang kami lakukan beberapa jam sebelum sholat ied dimulai. Peralatan Sound System ini adalah milik Pemerintah Daerah, dan kami dari staff ditugasi untuk keperluan ini. Apa boleh buat, kami tetap bertugas walau di hari libur spesial ini. Kami biasanya melakukan ini sedari subuh dan kebetulan penyetingannya selesai sebelum dipergunakan untuk ibadah ini (siap pakai).

Sound System Lapangan untuk Sholat Ied
Gambar ini adalah posisi kami berada

Speaker System Lapangan untuk Sholat Ied dan Cara Pensetingannya

Sebagaimana pengalaman yang sering saya lakukan untuk proses ini adalah menyiapkan peralatan speaker sound system lengkap dengan peralatan lainnya untuk keperluan ini misalnya seperti Speaker, Mic, Mixer audio, dan lainnya. Seperti yang diterangkan di atas bahwa kami memakai Active speaker system dan kami tidak mempunyai Passive Speaker. Namun apabila anda hanya memiliki speker pasif maka peralatan ini pun bisa diterapkan namun tidak terfokus/ terpaku hanya pada satu titik penempatan saja, maka anda harus memposisikannya dengan sistem menyebar agar orang yang berada di area yang jauh bisa mendengarkan suara Imam Sholat dengan cukup kencang. Saya akan membahas hanya bagian yang spesifik (vital) saja dalam komposisi paket peralatan sounds system seperti diterangkan di bawah ini, artinya tidak semua saya kupas. Ada baiknya mengikuti petunjuk pemasangan (instalasi) sound system yang baik pada alur yang benar pula, seperti yang saya kupas di bawah ini.

Adapun paket peralatan sound system yang dibutuhkan untuk keperluan ini adalah;
  • 1 buah Mixer Audio
  • Minimal 6 buah Active Speaker (Speaker System)
  • 4 buah Wireless Microphone Handheld untuk jemaah takbiran
  • 2 buah Wireless Microphone Clip On (Clavier) untuk Imam Sholat dan wakil imam (Muadzin/ bilal)
  • Audio Compressor Limiter
  • Equalizer
  • Kabel-kabel Audio dengan sambungan Balance
  • Kabel listrik
  • Tripod speaker (sesuaikan dengan jumlah speaker)
  • Tiang Microphone floor dan table
dan lainnya.

Mixer Audio System Lapangan

Mixer audio sound system untuk area lapangan sangat penting dalam hal mencampur beberapa informasi input suara dari gabungan beberapa Microphone. Kita harus memiliki Mixer Console dengan kapasitas channel yang digunakan minimal 8 channel input Monaural, di sini kami memakai Mixer merk Yamaha MG 166CX. Pernah juga saya menggunakan Mixer dengan merk Mackie dengan jumlah channel yang banyak yaitu 40 channel. Anda perlu mengingat mana posisi channel untuk Mic Imam, coba beri label kertas dengan perekat (isolasi kertas) dan dituliskan di situ nama sumber suara (mic) pada urutan bagian pemposisian channel agar memudahkan kita untuk menaikkan dan menurunkan level apabila suara Imam terlalu kecil atau terlalu besar. Checking Mic Clip On ini perlu dilakukan sebelum ditempatkan pada kerah baju Imam. Untuk pensetingan Channel Mixer ini coba buka artikel saya yang lain.

Speaker System dengan Speaker Aktif

Sound system milik Pemkot ini dengan sistim Active Speaker sehingga kami bisa menempatkan dalam posisi yang berjauhan (menyebar/ Delaying/ Looping) memenuhi seputaran lapangan. Untuk proses desain box speaker sound system untuk lapangan biasanya kami memasang sekitar 8 buah speaker aktif dengan posisi menyebar (desentralisasi) yang tentunya membutuhkan kabel audio dan kabel listrik yang cukup panjang. Speaker Aktif yang kami pergunakan bukan terfokus pada satu merk saja, namun dari beberapa merek, namun pada saat instalasi kita harus atur posisi Level Gain dan Volume Master harus dalam posisi 0 dB. Active Speaker system yang kami punyai diantaranya bermerek JBL EON, Betha3, Huper AK 15, dan JC Warrent. Jadi kami tidak memakai peralatan sound power system saat kerja di lapangan.

Cara setting kabel Audio sound system di area lapangan

Sambungan kabel audio harus menggunakan koneksi dengan sistim Balance agar level suara tiada penurunan saat hubungan jarak yang cukup jauh. Untuk koneksi berderet (parallel) antara input output speaker pertama ke speaker yang lain dapat kita hubungkan dengan metode LOOP yaitu dari arah operator FOH (mixer) disalurkan ke input speaker aktif pertama dan dari output speaker aktif pertama ini kemudian dihungungkan melalui kabel audio yang panjang ke input speaker aktif yang kedua, begitu seterusnya.
Sound System Lapangan
My office's sound system

Wireless Microphone - Clip On

Salah satu hal yang cuckup berperan dalam sound system outdoor disamping Speaker adalah juga Microphone yang digunakan untuk Imam sholat dan Khotib. Microphone yang diperlukan dalam kondisi ini tentulah Wireless Microphone Clip On (Clavier) dengan jangkauan yang cukup jauh. Biasanya Mic Clipp on ini merupakan jenis microphone Condenser dengan kepekaan responsiv yang cukup tinggi. Pensetingannya dengan cara checking Mic sambil berbicara pada microphone ini dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan mulut dan lihat berapa nilai gain yang ditampilkan pada lampu display. Usahakan Speaker monitor yang mengarah ke imam tidak usah terlalu tinggi dalam mengatur volume suaranya agar tidak terjadi feedback karena terlalu dekat dengan mic clip on yang bersifat sensitif ini.

Sedikit himbauan kepada anda bahwa Wireless Microphone dengan menggunakan band UHF sering terjadi sinyal yang putus-putus (terganggu) yang diakibatkan oleh body manusia yang berdiri berderet/ bertumpuk menuju arah sinyal yang terpusat dari posisi FOH operator ke sumber bunyi dalam hal ini Transmitter ( Mic untuk imam), jadi usahakan menempatkan posisi Receiver Mic wireless ini tidak terlalu jauh dengan penggunanya (transmitter/ user) dalam hal ini Imam sholat.

Audio Compressor Limiter

Lihat uraian berikut
Audio Compressor Limiter
Bagi saya, Compressor Limiter sangat berperan dalam hal melindungi Speaker dari overload audio saat terjadi penjumlahan dari beberapa suara yang berbunyi serentak saat takbiran. Trik yang saya pakai adalah untuk memangkas audio yang melebihi kapasitas yang sangat keras. Jadi walaupun ada suara yang sangat nyaring secara berbarengan maka peralatan ini akan segera memangkas audio hingga beberapa decibel sehingga aman masuk ke speaker system kita.

Equalizer

Equalizer cukup berperan dalam membentuk frekuensi output suara yang tampil di speaker yang kita inginkan, dan kehandalan telinga diperlukan dalam mengatur Slider band pada range frekuensi audio. Coba anda buka cara seting peralatan audio ini pada halaman ini.

Penutup
Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, mudah-mudahan artikel yang bertajuk Cara Setting Sound System khusus Lapangan untuk Keperluan Sholat Ied ini dapat menjadi pengetahuan bagi anda.

Apakah anda ingin melihat rincian/ keterangan sound lapangan yang lainnya?
Coba buka juga referensi dari lapangan sound system atau menuju ke artikel selanjutnya tentang:
Terimakasih atas kunjungan anda....